Senin, 10 Oktober 2016

SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SOAL UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Bacalah paragraf berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 1 dan 2
(1)   Kekayaan budaya Indonesia terancam punah seiring arus modernisasi yang menjelajah kesetiap pelosok.(2) Banyak warga yang meninggalkan tradisi karena tidak lagi dianggap penting dan tidak selaras dengan perdaban modern.(3) Sebagian memang telah punah,tetapi sebagian lagi masih dilestarikan atau kembali dihidupkan,antara lain lewat berbagai festival budaya yang kini banyak ditemui diberbagai daerah Indonesia.(4) Seperti halnya untuk mengembalikan budaya seni ukir Asmat yang unik,pada 1982 mulai diselenggarakan lomba mengukir oleh keuskupan Agast,Asmat.(5) Akhirnya lomba ini berkembang menjadi pesta Budaya Asmat yang digelar tiap tahun sebagai bentuk kerja sama pemerintah daerah dengan Keuskupan Asmat.
 1.Kalimat simpulan dalam paragraf tersebut adalah nomor....
     A. (1)
     B. (2)
     C. (3)
     D. (4)
     E. (5)
  (SOAL UN 2013/2014)

 2.Tujuan penulis sesuai isi paragraf tersebut adalah....
     A.Mengimbau kepada warga untuk melestarikan seni ukir Asmat melalui festival budaya
     B.Menjelaskan bahwa senui ukir Asmat adalah seni yang unik di Indonesia
     C.Mengimformasikan bahwa seni ukir Asmat adanya di pelosok-pelosok
     D.Memberitahukan upaya mengenalkan kesenian yang ada di Indonesia
     E.Mengharapkan pemerintah memperhatikan kelestarian aset negara Indonesia
 (SOAL UN 2013/2014)

Cermati tabel berikut untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4!
Tabel pendatang Ilegal di Australia Tahun 2008-2012
    
NO
      Tahun
              Jumlah



      Perahu
Pendatang
1
       2008
7
197
2
       2009
61
2.856
3
       2010
135
6.889
4
       2011
69
4.730
5
       2012
271
17.086
      Sumber: Jawa POS,22 September 2013
3.Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah.....
   A.Jumlah perahu dan pendatang terbanyak tahun 2010-2012.
   B.Pendatang tahun 2012 naik empat kali lipat dari tahun 2011.
   C.Jumlah perahu tahun 2010 naik 58% dari tahun 2009.
   D.Perahu dan pendatang tahun 2009 dan 2011 sama.
   E.Perahu dan pendatang Ilegal di Australia paling sedikit terjadi tahun 2008.
4.Simpulan isi tabel tersebut adalah.....
   A.Perahu dan pendatang ilegal di Australia tahun 2008-2012 meningkat.
   B.Perahu dan pendatang ilegal di Australia tahun 2013 diprediksi akan stabil.
   C.Tahun 2008-2012 jumlah perahu dan pendatang ilegal di Australia tidak stabil.
   D.Kenaikan pendatang paling tinggi terjadi dari tahun 2009-2010.
   E.Kenaikan perahu dan pendatang dari tahun 2009-2010 terus meningkat tajam.
(SOAL UN 2013/2014)
   
 Bacalah teks berikut dengan cermat untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!

      Walaupun sejak tahun 2005 setiap 1 oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,bobot kesaktian Pancasila makin hilang.Kesaktian Pancasila yang dulu diagungkan,bagi generasi sekarang dianggap sebagai rekayasa Orde Baru.Upaya menghidupkan kembali kesaktian Pancasila jadi utama.Belakangan bahkan ingin dikembangkan paradigma sebagai salah satu pilar kehidupan berbangsa selain UUD 1945,NKRI,dan,Bhineka Tunggal Ika.Menempatkan sebagai salah satu pilar secara tidak langsung mendegradasi bobot Pancasila.
      Kesaktian Pancasila terletak sebagai posisi ideologis dasar negara.Ketika Pancasila tidak lagi dianggap sebagai batu sendi dan common platform bernegara Indonesia,apalagi tidak lagi menjadi wacana publik,maka kesaktiannya pun berangsur punah.Pancasila tidak lagi hanya berda di ujung tanduk dan masuk kotak,tetapi juga terbuang percuma.Olah pikir di atas perlu diapresiasi sebagi upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila terbuka dikembangkan sesuai dengan kebutuhan aktual,terutama dalam praktik bernegara dan bermasyarakat di Indonesia.
    
 5.Opini redaksi yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut adalah.....
   A.Ketika Pancasila tidak lagi dianggap sebagai batu sendi dan common flatform bernegara
       Indonesia,kesaktiannya pun berangsur punah.
   B.Saat ini,persoalan tak lagi pada makna kelima sila serta pengertian dan penjabarannya,tetapi
       Pada implementasinya.
   C.Upaya menghidupkan kembali kesaktian Pancasila menjadi utopia dan rekayasa Orde Baru serta
       rezim Reformasi.
   D.Walaupun sejak tahun 2005 setiap 1 oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,bobot
       Kesaktian pancasila makin hilang.
   E.Pemahaman tentang Pancasila perlu diapresiasikan sebagi upaya revitalisasi nilai-nilai pancasila.
   (SOAL UN 2013/2014)
 6.Opini redaksi dalam tajuk rencana tersebut ditunjukkan kepada......
   A. Orde Baru
   B. para pelajar
   C. masyarakat umum
   D. pejabat pemerintah
   E. generasi penerus
    (SOAL UN 2013/2014)
  Cermatilah teks berikut untuk soal nomor 7 s.d.9!
(1)   Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dalam rumah tangga.(2) Menurut 
Saya pola yang diterapkan dalam rumah tangga sangat memengaruhi perkembangan anak,sekalipun dengan cara primitif,otoriter,atau demokratis.(3) Perhatian orang tua terhadap anak sangat diperlukan.(4) Orang tua harus bisa menjadi teladan,komunikasi orang tua dan anak memiliki dampak terhadap perkembangan anak dan pola pendidikan juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak.(5) Perkembangan anak tidak bpleh lepas dari pantauan orang tua.
  7.Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor.....
   A. (1)
   B. (2)
   C. (3)
   D. (4)
   E. (5)
    (SOAL UN 2013/2014)
 8.Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor....
   A. (1)
   B. (2)
   C. (3)
   D. (4)
   E. (5)
 (SOAL UN 2013/2014)
9.Makna istilah primitf yang terdapat pada paragraf tersebut adalah....
   A. pelan
   B. cepat
   C. kuno
   D. maju
   E. tegas
    (SOAL UN 2013/2014)
 10.Bacalah paragraf berikut ini!
(1) Icon kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai seakan terjerembab kedalam berbagai masalah.(2) Sungai yang diharapkan menjadi denyut nadi kehidupan masyarakat kota terlibas oleh kuatnya kepentingan.(3) Alhasil,sungai tidak lagi menjadi icon kehidupan,malah terjemah oleh kepentingan pribadi.(4) Kebijakan normalisa sungai yang menjadi andalan pembangku kebujakan terkendala oleh tidak adanya keberanian pemangku kebijakan.(5) Tiap pagi dan sore banyak masyarakat Banjarmasin mandi di sungai
  Kalimat penjelas yang tidak padu adalah....
A.     (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.     (4)
E.      (5)
(SOAL UN 2013/2014)
  Cermatialah teks berikut untuk soal nomor 11 dan 12
   Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memperhatikan.Hal tersebut tercermin,antara lain,dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi International Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi.Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP),studi untuk kemampuan matematika siswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-42 negara peserta.
 11.Ide pokok dari paragraf tersebut adalah...
    A. kemampuan membaca
    B. kemampuan matematika
    C. kualitas pendidikan
    D. kemampuan IPA
    E. kualitas membaca
      (SOAL UN 2013/2014)
 12.Mengapa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memperhatinkan?
    A. Membaca siswa tingkat SD berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta
    B. Siswa SLTP di bidang IPA berada pada urutan ke-42 dari 42 negara peserta
    C. Matematika siswa SLTP berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta
    D. Matematika untuk siswa SD berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta
    E. IPA untuk siswa SD berada pada urutan 38 dari 39 negara peserta
     (SOAL UN 2013/2014)




Cermati penggalan hikayat berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
     Adapun raja di kota Maligai itu namanya Paya Tu Kerub Mahjana.Maka Paya Tu Kerub Mahjana pun beranak seorang laki-laki,maka dinamai anakanda baginda itu Paya Tu antara.Hatta berapa lamanya maka Paya Tu Kerub Mahjana pun matilah.Syahdan maka Paya Tu antara pun kerajaanlah menggantikan ayahanda baginda itu.Ia menamai dirinya Paya Tu Naqpa.Selama Paya Tu Naqpa kerajaan itu senantiasa ia pergi dan berburu.Pada suatu hari Paya Tu Naqpa pun duduk di atas takhta kerajaannya dihadap oleh segala menteri pegawai hulubalang dan rakyat sekalian.Arkian maka tita baginda: “Aku dengar khabarnya perburuan sebelah tepi laut itu terlalu banyak konon.”
                                                                                      (Hikayat Seribu Satu Malam)


13.Kalimat yang berisi karakteristik sastra Melayu Klasik berupa istanasentris adalah..
   A. Seorang raja yang meninggal akan digantikan oeh putranya.
   B. Kebiasaan raja tidak boleh dihalang-halangi rakyatnya.
   C. Anak raja memiliki nama sama dengan bapaknya.
   D. Mentri,hulubalang harus patuh kepada segala perintah raja.
   E. Raja yang senantiasa memikirkan kesejahteraan rakyatnya.
        (SOAL UN 2013/2014)
14.Nilai sosial yang terkandung pada kutipan tersebut adalah....
   A. Jika seorang raja wafat yang mengganti adalah anaknya.
   B. Titah raja adalah undang-undang,karena itu ucapannya harus dilaksanakan.
   C. Semua mentri,pegawai,hulubalang,dan rakyat tunduk pada perintah raja.
   D. Kepekaan sorang raja atas peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
   E. Perubahan nama setelah diangkat menjadi seorang raja.
 ( SOAL UN 2013/2014)
 Cermati penggalan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16
  Ketika Einstein,penemu teori relativitas,mencapai umur lima puluh tahun ,Jerman memberi banyak tanda kehormatan kepadanya: mendirikan patung untuknya di Postdam,dan menghadiakan sebuah rumah serta kapal layar sebagai tanda cinta dan rasa kagum bangsa Jerman kepadanya.
  Akan tetapi,beberapa tahun kemudian,semua milik pribadinya dirampas.Ia pun takut pulang ketanh airnya.Berminggu-minggu lamanya ia hidup di Belgia,di belakang pintu berlapis yang dijaga seorang polisi.Polisi itu setiap malam tidur di samping rempat tidurnya.
 15. Keistimewaan Einstein dalam kutipan tersebut adalah....
  A. Berkat karyanya,Einstein mampu membeli sebuah rumah.
  B. Einstein mendapat banyak tanda kehormatan dari Jerman.
  C. Einstein mengagumi bangsa Jerman karena penemuannya.
  D. Einstein dijaga oleh polisi setiap malam di rumahnya.
  E. Masyarakat Jerman mendirikan patung Einstein di Postdam.
  (SOAL UN 2013 )
16. Konflik yang dihadapi tokoh dalam kutipan tersebut adalah.....
  A. Einstein banyak mendapat penghargaan dari Jerman.
  B. Cukup lama Einstein harus hidup di Belgia.
  C. Einstein takut pulang ke tanah airnya sendiri.
  D.Einstein dijaga ketat oleh polisi di rumahnya.
  E. Polisi setiap malam tidur di samping rumahnya.
  (SOAL UN 2013/2014 )
 17. Cermatilah gurindam berikut!
  Apabila banyak berkata-kata
Di situlah jalan masuknya dusta
 
Maksud isi gurindam tersebut adalah....
  A. Orang yang sering berdusta pasti banyak bicaranya.
  B. Orang yang banyak bicara,mudah mendapat kebohongan.
  C. Seseorang yang banyak bicara tentang sesuatu,ia pasti berdusta tentang itu.
  D. Kebohongan akan terjadi jika kita banyak bercerita khayal.
  E. Orang yang suka bercerita pasti mudah mebuat dusta.
  (SOAL UN 2013/2014)
18.Cermatilah puisi kontemporer berikut!   
Q
                                                                  ! !
                                                                    ! ! !
                                                                           !          ! !         ! !           !
                                                                                                                !
                                                                   ! a
                                                                          lif            !             !
                                                                     l
                                                                   l       a
                                                                  l           a                        m
                                                                                                       ! !
        Mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
                                                    Iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
    mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm


                                                                      



Ciri yang menonjol pada puisi tersebut adalah...........
A.     Sifat mbling
B.     Menggunakan simbol-simbol
C.     Membolak-balik kata
D.     Menampilkan pengulangan kata
E.      Permainan bunyi
(SOAL UN 2013/2014)
  Puisi berikut untuk soal nomor 19 s.d 21.Bacalah puisi berikut!
Kangen
Kau takkan mengerti bagaimana kesepianku
Menghadapi kemerdekaan tanpa cinta
Kau takkan mengerti segala lukaku
Kerna cinta telah sembunyikan pisaumu
Membayangkan wajahmu adalah siksa
Kesepian adalah katakutan dalam kelumpuhan
Engkau telah menjadi racun bagi darahku
Apabila aku dalam kangen dan sepi
Itulah berarti
Aku tungku tanpa api
                                             (Rendra)
19. Suasana yang terdapat dalam puisi tersebut adalah.....
  A. kecewa
  B. takut
  C. bimbang
  D. sepi
  E. hening
( SOAL UN 2013/2014)
 20. Makna lambang kata “racun”dalam puisi tersebut adalah...
  A. yang didambakan
  B. sesuatu yang berbisa
  C. yang sangat berbahaya

  E. yang harus dibuang
       (SOAL UN 2013/2014)

 21. Maksud isi larik terakhir puisi tersebut adalah....
  A. benda yang tidak berguna
  B. merasa hidup tidak bahagia
  C. merasa hidup tidak berguna
  D. selalu merasa bersedih
  E. merasa hidup ternoda
    (SOAL UN 2013/2014)
  Kutipan novel berikut untuk soal no.22 s.d.24.
  Bacalah dengan cermat!
 (1) Belum habis katanya,ia sudah menyimpang mendekati kembang setahun itu,(2) sambil menunjuk membelai-belai  bunga yang segar-segar itu,ia berkata,”Bagaimana engkau tersesat di tengah-tengah rimba ini? Siapakah yang menanammu di sini?’ (3) Yusuf datang mendekat pula,”Tentulah ada orang membawa kembang setahun kemari,terjatuh atau dibuangkanya di sini setangkai yang sudah tua.”(4)”Bagus benar,bagus benar,”ujar Maria,tiada memperdulikan kata Yusuf,belum puas rupanya mengucapakan kekagumannya melihat kembang itu.(5)”Kalau kita di Jakarta,tentu saya cabut sekalianya akan ditanam di rumah.”(6)”Tidak usah engkau cabut,ambil saja kembangnya yang tua.Cukuplah it ditanami!”

22. Watak tokoh Maria dalam kutipan tersebut adalah...
   A. Penyayang
   B. Pemikir
   C. Penyabar
   D. Penyantun
   E. Pemberi
      (UN 2013/2014)
 23.Pendeskripsian watak tokoh Yusuf sebagai orang yang tidak peduli dalam lingkungan sesuai kutipan adalah...
 A. gambaran fisik tokoh
 B. jalan pikiran tokoh
 C. perilaku tokoh
 D. dialog antartokoh
 E. Pendapat tokoh lain
       (SOAL UN 2013/2014)
24. Pembuktian latar tempat di hutan dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor...
 A. (1)
 B. (2)
 C. (3)
 D. (4)
 E. (5)
    (SOAL UN 2013/2014)
                                                                                               



Tidak ada komentar:

Posting Komentar