SOAL UJIAN
NASIONAL
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Bacalah paragraf berikut dengan
seksama untuk menjawab soal nomor 1 dan 2
(1)
Kekayaan budaya Indonesia terancam
punah seiring arus modernisasi yang menjelajah kesetiap pelosok.(2) Banyak
warga yang meninggalkan tradisi karena tidak lagi dianggap penting dan tidak
selaras dengan perdaban modern.(3) Sebagian memang telah punah,tetapi sebagian
lagi masih dilestarikan atau kembali dihidupkan,antara lain lewat berbagai
festival budaya yang kini banyak ditemui diberbagai daerah Indonesia.(4)
Seperti halnya untuk mengembalikan budaya seni ukir Asmat yang unik,pada 1982
mulai diselenggarakan lomba mengukir oleh keuskupan Agast,Asmat.(5) Akhirnya
lomba ini berkembang menjadi pesta Budaya Asmat yang digelar tiap tahun sebagai
bentuk kerja sama pemerintah daerah dengan Keuskupan Asmat.
1.Kalimat simpulan
dalam paragraf tersebut adalah nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(SOAL UN 2013/2014)
2.Tujuan penulis sesuai isi paragraf tersebut
adalah....
A.Mengimbau
kepada warga untuk melestarikan seni ukir Asmat melalui festival budaya
B.Menjelaskan
bahwa senui ukir Asmat adalah seni yang unik di Indonesia
C.Mengimformasikan bahwa seni ukir Asmat adanya di pelosok-pelosok
D.Memberitahukan
upaya mengenalkan kesenian yang ada di Indonesia
E.Mengharapkan
pemerintah memperhatikan kelestarian aset negara Indonesia
(SOAL UN 2013/2014)
Cermati tabel berikut untuk
mengerjakan soal nomor 3 dan 4!
Tabel pendatang Ilegal di Australia
Tahun 2008-2012
NO
|
Tahun
|
Jumlah
|
|
|
|
Perahu
|
Pendatang
|
1
|
2008
|
7
|
197
|
2
|
2009
|
61
|
2.856
|
3
|
2010
|
135
|
6.889
|
4
|
2011
|
69
|
4.730
|
5
|
2012
|
271
|
17.086
|
Sumber: Jawa POS,22 September 2013
3.Kalimat pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut
adalah.....
A.Jumlah perahu
dan pendatang terbanyak tahun 2010-2012.
B.Pendatang tahun
2012 naik empat kali lipat dari tahun 2011.
C.Jumlah perahu tahun
2010 naik 58% dari tahun 2009.
D.Perahu dan
pendatang tahun 2009 dan 2011 sama.
E.Perahu dan pendatang Ilegal di Australia
paling sedikit terjadi tahun 2008.
4.Simpulan isi tabel tersebut adalah.....
A.Perahu dan
pendatang ilegal di Australia tahun 2008-2012 meningkat.
B.Perahu dan
pendatang ilegal di Australia tahun 2013 diprediksi akan stabil.
C.Tahun 2008-2012
jumlah perahu dan pendatang ilegal di Australia tidak stabil.
D.Kenaikan pendatang
paling tinggi terjadi dari tahun 2009-2010.
E.Kenaikan perahu
dan pendatang dari tahun 2009-2010 terus meningkat tajam.
(SOAL
UN 2013/2014)
Bacalah teks berikut dengan cermat untuk
menjawab soal nomor 5 dan 6!
Walaupun sejak tahun 2005 setiap 1
oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,bobot kesaktian
Pancasila makin hilang.Kesaktian Pancasila yang dulu diagungkan,bagi generasi
sekarang dianggap sebagai rekayasa Orde Baru.Upaya menghidupkan kembali
kesaktian Pancasila jadi utama.Belakangan bahkan ingin dikembangkan paradigma
sebagai salah satu pilar kehidupan berbangsa selain UUD 1945,NKRI,dan,Bhineka
Tunggal Ika.Menempatkan sebagai salah satu pilar secara tidak langsung
mendegradasi bobot Pancasila.
Kesaktian Pancasila terletak sebagai
posisi ideologis dasar negara.Ketika Pancasila tidak lagi dianggap sebagai
batu sendi dan common platform bernegara
Indonesia,apalagi tidak lagi menjadi wacana publik,maka kesaktiannya pun
berangsur punah.Pancasila tidak lagi hanya berda di ujung tanduk dan masuk
kotak,tetapi juga terbuang percuma.Olah pikir di atas perlu diapresiasi
sebagi upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila terbuka dikembangkan sesuai
dengan kebutuhan aktual,terutama dalam praktik bernegara dan bermasyarakat di
Indonesia.
|
5.Opini redaksi yang terdapat dalam
tajuk rencana tersebut adalah.....
A.Ketika Pancasila
tidak lagi dianggap sebagai batu sendi dan
common flatform bernegara
Indonesia,kesaktiannya pun berangsur punah.
B.Saat
ini,persoalan tak lagi pada makna kelima sila serta pengertian dan
penjabarannya,tetapi
Pada
implementasinya.
C.Upaya
menghidupkan kembali kesaktian Pancasila menjadi utopia dan rekayasa Orde Baru
serta
rezim
Reformasi.
D.Walaupun sejak
tahun 2005 setiap 1 oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,bobot
Kesaktian
pancasila makin hilang.
E.Pemahaman tentang Pancasila perlu
diapresiasikan sebagi upaya revitalisasi nilai-nilai pancasila.
(SOAL UN 2013/2014)
6.Opini redaksi dalam tajuk rencana tersebut
ditunjukkan kepada......
A. Orde Baru
B. para pelajar
C. masyarakat umum
D. pejabat
pemerintah
E. generasi penerus
(SOAL UN 2013/2014)
Cermatilah
teks berikut untuk soal nomor 7 s.d.9!
(1)
Isi buku tersebut menjelaskan
cara mendidik anak dalam rumah tangga.(2) Menurut
Saya pola yang diterapkan dalam
rumah tangga sangat memengaruhi perkembangan anak,sekalipun dengan cara
primitif,otoriter,atau demokratis.(3) Perhatian orang tua terhadap anak
sangat diperlukan.(4) Orang tua harus bisa menjadi teladan,komunikasi orang
tua dan anak memiliki dampak terhadap perkembangan anak dan pola pendidikan
juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak.(5) Perkembangan anak tidak
bpleh lepas dari pantauan orang tua.
|
7.Kalimat utama
paragraf tersebut adalah nomor.....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(SOAL UN
2013/2014)
8.Kalimat fakta
dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(SOAL UN 2013/2014)
9.Makna istilah
primitf yang terdapat pada paragraf tersebut adalah....
A. pelan
B. cepat
C. kuno
D. maju
E. tegas
(SOAL UN 2013/2014)
10.Bacalah
paragraf berikut ini!
(1) Icon kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai seakan
terjerembab kedalam berbagai masalah.(2) Sungai yang diharapkan menjadi
denyut nadi kehidupan masyarakat kota terlibas oleh kuatnya kepentingan.(3) Alhasil,sungai
tidak lagi menjadi icon kehidupan,malah terjemah oleh kepentingan pribadi.(4)
Kebijakan normalisa sungai yang menjadi andalan pembangku kebujakan
terkendala oleh tidak adanya keberanian pemangku kebijakan.(5) Tiap pagi dan
sore banyak masyarakat Banjarmasin mandi di sungai
|
Kalimat penjelas
yang tidak padu adalah....
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
(SOAL
UN 2013/2014)
Cermatialah teks berikut untuk soal nomor 11 dan 12
Kualitas pendidikan di Indonesia
masih sangat memperhatikan.Hal tersebut tercermin,antara lain,dari hasil
studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan
oleh organisasi International Education
Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada
pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi.Sementara untuk tingkat
Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP),studi untuk kemampuan matematika
siswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara
dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-42
negara peserta.
|
11.Ide pokok dari paragraf tersebut
adalah...
A. kemampuan
membaca
B. kemampuan
matematika
C. kualitas
pendidikan
D. kemampuan IPA
E. kualitas membaca
(SOAL UN 2013/2014)
12.Mengapa kualitas pendidikan di Indonesia
masih sangat memperhatinkan?
A. Membaca siswa
tingkat SD berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta
B. Siswa SLTP di
bidang IPA berada pada urutan ke-42 dari 42 negara peserta
C. Matematika
siswa SLTP berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta
D. Matematika
untuk siswa SD berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta
E. IPA untuk siswa SD berada pada urutan 38
dari 39 negara peserta
(SOAL UN 2013/2014)
Cermati penggalan hikayat berikut
untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!
Adapun
raja di kota Maligai itu namanya Paya Tu Kerub Mahjana.Maka Paya Tu Kerub
Mahjana pun beranak seorang laki-laki,maka dinamai anakanda baginda itu Paya
Tu antara.Hatta berapa lamanya maka Paya Tu Kerub Mahjana pun matilah.Syahdan
maka Paya Tu antara pun kerajaanlah menggantikan ayahanda baginda itu.Ia
menamai dirinya Paya Tu Naqpa.Selama Paya Tu Naqpa kerajaan itu senantiasa ia
pergi dan berburu.Pada suatu hari Paya Tu Naqpa pun duduk di atas takhta
kerajaannya dihadap oleh segala menteri pegawai hulubalang dan rakyat
sekalian.Arkian maka tita baginda: “Aku dengar khabarnya perburuan sebelah
tepi laut itu terlalu banyak konon.”
(Hikayat Seribu Satu Malam)
|
13.Kalimat yang berisi karakteristik
sastra Melayu Klasik berupa istanasentris
adalah..
A. Seorang raja
yang meninggal akan digantikan oeh putranya.
B. Kebiasaan raja
tidak boleh dihalang-halangi rakyatnya.
C. Anak raja
memiliki nama sama dengan bapaknya.
D.
Mentri,hulubalang harus patuh kepada segala perintah raja.
E. Raja yang senantiasa memikirkan
kesejahteraan rakyatnya.
(SOAL UN
2013/2014)
14.Nilai sosial yang terkandung pada kutipan tersebut
adalah....
A. Jika seorang
raja wafat yang mengganti adalah anaknya.
B. Titah raja
adalah undang-undang,karena itu ucapannya harus dilaksanakan.
C. Semua
mentri,pegawai,hulubalang,dan rakyat tunduk pada perintah raja.
D. Kepekaan sorang
raja atas peristiwa yang terjadi di sekitarnya.
E. Perubahan nama setelah diangkat menjadi
seorang raja.
( SOAL UN 2013/2014)
Cermati
penggalan biografi berikut untuk menjawab soal nomor 15 dan 16
Ketika Einstein,penemu teori relativitas,mencapai umur lima puluh
tahun ,Jerman memberi banyak tanda kehormatan kepadanya: mendirikan patung
untuknya di Postdam,dan menghadiakan sebuah rumah serta kapal layar sebagai
tanda cinta dan rasa kagum bangsa Jerman kepadanya.
Akan
tetapi,beberapa tahun kemudian,semua milik pribadinya dirampas.Ia pun takut
pulang ketanh airnya.Berminggu-minggu lamanya ia hidup di Belgia,di belakang
pintu berlapis yang dijaga seorang polisi.Polisi itu setiap malam tidur di
samping rempat tidurnya.
|
15. Keistimewaan
Einstein dalam kutipan tersebut adalah....
A. Berkat
karyanya,Einstein mampu membeli sebuah rumah.
B. Einstein
mendapat banyak tanda kehormatan dari Jerman.
C. Einstein
mengagumi bangsa Jerman karena penemuannya.
D. Einstein dijaga
oleh polisi setiap malam di rumahnya.
E. Masyarakat Jerman mendirikan patung
Einstein di Postdam.
(SOAL UN 2013 )
16. Konflik yang dihadapi tokoh dalam kutipan tersebut
adalah.....
A. Einstein banyak
mendapat penghargaan dari Jerman.
B. Cukup lama
Einstein harus hidup di Belgia.
C. Einstein takut
pulang ke tanah airnya sendiri.
D.Einstein dijaga
ketat oleh polisi di rumahnya.
E. Polisi setiap malam tidur di samping
rumahnya.
(SOAL UN 2013/2014 )
17. Cermatilah
gurindam berikut!
Apabila banyak berkata-kata
Di situlah jalan masuknya dusta
|
Maksud isi gurindam tersebut adalah....
A. Orang yang
sering berdusta pasti banyak bicaranya.
B. Orang yang
banyak bicara,mudah mendapat kebohongan.
C. Seseorang yang
banyak bicara tentang sesuatu,ia pasti berdusta tentang itu.
D. Kebohongan akan
terjadi jika kita banyak bercerita khayal.
E. Orang yang suka bercerita pasti mudah
mebuat dusta.
(SOAL UN 2013/2014)
18.Cermatilah puisi kontemporer berikut!
Q
! !
! ! !
! ! ! ! ! !
!
! a
lif ! !
l
l a
l a m
! !
Mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
Iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm
|
Ciri yang menonjol pada puisi tersebut adalah...........
A.
Sifat mbling
B.
Menggunakan simbol-simbol
C.
Membolak-balik kata
D.
Menampilkan pengulangan kata
E.
Permainan bunyi
(SOAL
UN 2013/2014)
Puisi berikut
untuk soal nomor 19 s.d 21.Bacalah puisi berikut!
Kangen
Kau takkan mengerti bagaimana kesepianku
Menghadapi kemerdekaan tanpa cinta
Kau takkan mengerti segala lukaku
Kerna cinta telah sembunyikan pisaumu
Membayangkan wajahmu adalah siksa
Kesepian adalah katakutan dalam kelumpuhan
Engkau telah menjadi racun
bagi darahku
Apabila aku dalam kangen dan sepi
Itulah berarti
Aku tungku tanpa api
(Rendra)
|
19. Suasana yang terdapat dalam puisi tersebut adalah.....
A. kecewa
B. takut
C. bimbang
D. sepi
E. hening
(
SOAL UN 2013/2014)
20. Makna lambang
kata “racun”dalam puisi tersebut adalah...
A. yang didambakan
B. sesuatu yang
berbisa
C. yang sangat
berbahaya
E. yang harus dibuang
(SOAL UN 2013/2014)
21. Maksud isi larik
terakhir puisi tersebut adalah....
A. benda yang tidak
berguna
B. merasa hidup
tidak bahagia
C. merasa hidup
tidak berguna
D. selalu merasa
bersedih
E. merasa hidup ternoda
(SOAL UN 2013/2014)
Kutipan novel berikut untuk soal no.22
s.d.24.
Bacalah dengan cermat!
(1) Belum habis katanya,ia sudah menyimpang
mendekati kembang setahun itu,(2) sambil menunjuk membelai-belai bunga yang segar-segar itu,ia
berkata,”Bagaimana engkau tersesat di tengah-tengah rimba ini? Siapakah yang
menanammu di sini?’ (3) Yusuf datang mendekat pula,”Tentulah ada orang
membawa kembang setahun kemari,terjatuh atau dibuangkanya di sini setangkai
yang sudah tua.”(4)”Bagus benar,bagus benar,”ujar Maria,tiada memperdulikan
kata Yusuf,belum puas rupanya mengucapakan kekagumannya melihat kembang
itu.(5)”Kalau kita di Jakarta,tentu saya cabut sekalianya akan ditanam di
rumah.”(6)”Tidak usah engkau cabut,ambil saja kembangnya yang tua.Cukuplah it
ditanami!”
|
22. Watak
tokoh Maria dalam kutipan tersebut adalah...
A. Penyayang
B. Pemikir
C. Penyabar
D. Penyantun
E. Pemberi
(UN 2013/2014)
23.Pendeskripsian
watak tokoh Yusuf sebagai orang yang tidak
peduli dalam lingkungan sesuai kutipan adalah...
A. gambaran fisik
tokoh
B. jalan pikiran
tokoh
C. perilaku tokoh
D. dialog antartokoh
E. Pendapat tokoh
lain
(SOAL UN
2013/2014)
24. Pembuktian latar tempat di hutan dalam kutipan tersebut
terdapat pada nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(SOAL UN 2013/2014)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar