SOAL UJIAN NASIONAL BAHASA
INDONESIA
(SMA/MA IPA) TAHUN PELAJARAN
2014/2015
Cermati teks berikut untuk menjawab
soal 1 dan 2!
Kita menjelma sebagai mesin dari
sebuah siklus, tidak ada lagi mempunyai kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri kita
sendiri. Kita hanya peduli kepada diri sendiri atau golongan sendiri. Kita
menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan
kebersamaan. Contoh dapat kita lihat di perumahan elite, rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi tembok
tinggi dan tertutup rapat, menutup pintu buat orang di luar diri mereka. Jadi,
tanpa sadar kitapun terjebak menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan
diri sendiri, memperjelas batas antara kau
dan aku.
1. Mengapa
kita terjebak menjadi pribadi yang sibuk dengan diri sendiri?
A. Selalu
menutup rapat pintu rumahnya untuk siapa saja yang datang.
B. Sudah
terbiasa melakukan kegiatan yang bernilai kebersamaan.
C. Bnyaknya
keinginan orang bertempat tinggal di perumahan elite.
D. Sering
kita memisahkan diri dari keadaan yang ada di lingkungan.
E. Kita
tidak lagi mempunyai kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri sendiri.
2. Tujuan
penulis sesuai isi teks tersebut adalah....
A. melaporkan
kejadian-kejadian penting yang ditemukan dalam masyarakat
B. membandingkan
kepekaan orang-orang dulu dengan orang-orang yang hidup di zaman sekarang
C. mengingatkan
perlunya rumah-rumah di wilayah elite
memberi pagar pengaman rumah
D. menggambarkan
lunturnya rasa kepekaan kita terhadap masalah di luar diri sendiri
E. menjelaskan
sulitnya berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita karena kesibukan
Paragraf berikut untuk soal nomor 3
dan 4.
Bacalah dengan cermat!
Sang mentari pun terbit dari timur,
serta burung-burung sudah berterbangan ke sana ke mari seakan-akan ikut
gembira. Meskipun begitu, Salman tampak murung. Harapannya hancur karena tidak
dapat mempertahankan rangking satu.
Saat proses pembelajaran akan
dimulai, tanpa disangka-sangka Dewa; sahabatnya, datang bersama Anjas. Maka
Salman pun geram karena si anak baru itu telah mengambil semua miliknya salman
ini, mulai dari bintang kelas hingga sahabat karib. Salman tidak kuat
menahankan kesabaran, ia pun tanpa berpikir panjang memukul meja dengan kuat.
3. Keterkaitan
peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah....
A. seseorang
yang sering menjadi korban kemarahan
B. anak
muda yang mudah emosional
C. pertengkaran
yang terjadi tanpa sebab
D. perilaku
anak muda yang sok tahu
E. anak
muda yang tidak sadar diri
4. Mengapa
Salman memukul meja?
A. Anjas
terlalu pendiam di kelas.
B. Salman
tidak mau duduk dekat Anjas.
C. Salman
emosi karena merasa tersaingi oleh Anjas`
D. Salman
merasa dialah yang paling hebat.
E. Anjas
dan Salman sama-sama rangking satu
5. Cermati gurindam berikut!
Ingatkah
dirinya akan mati,
Itulah
asal berbuat bakti.
Maksud
dari gurindam tersebut adalah....
A. Mnegingatkan
diri sendiri agar selalu berbakti.
B. Orang
yang ingat akan mati, ia akan selalu berbuat baik.
C. Mengingatkan
orang akan kematian dengan berbakti.
D. Bila
ingat akan mati, segeralah berbuat baik.
E. Seseorang
akan ingat mati asalkan ia berbakti
6.
Bacalah
puisi berikut dangan teliti!
Dengan
Puisi, Aku
Dengan puisi aku
bernyanyi
Sampai senja
umurku nanti
Dengan puisi aku
bercinta
Berbatas
cakrawala
Dengan puisi aku
mengenang
Keabadian yang
akan datang
Dengan puisi aku
menangis
Jarum waktu bila
kejam mengiris
Dengan puisi aku
mengutuk
Nafas zaman yang
busuk
Dengan puisi aku
berdoa
Perkenankanlah
kiranya
(Taufik Ismail)
Makna kata
lambang senja adalah....
A.
di
sore hari
B.
usia
tua
C.
azal
tiba
D.
pekerjaan
selesai
E.
akhir
kegiatan
7.
Bacalah puisi
berikut dengan cermat
Perbuatanku
Saat
ini aku menangis
di
panggung,
khalayak
mengekor bersedih hati
di
kursi
banjir
air mata melimpahi
padang
komedi.
Takbir
tertutup
rapat
terkatup,
di
balik tirai, di ruang dalam
kembali
senyumku menggumam
sedihku
hanya pulasan
tetapi...
kutinggalkan khalayak,
menahan
gelak
meratap,
terisak-isak`
Ah,
perbuatanku
Hanya
mengail kesedihan bawahanku.
(Panca Raya)
Suasana
dalam puisi tersebut adalah....
A. senang
B. marah
C. bimbang
D. takut
E. haru
Paragraf berikut untuk menjawab
soal nomor 8 dan 9.
B. Bacalah dengan cermat!
“Maafkan, Mr.Dickens. Bagi saya Raffles
tetap petinggi penjajah dan itu harus juga diungkapkan walaupun hanya dalam
satu kalimat. Kalau tidak bagaiman saya harus memulai drama ini? Apakah saya
harus menyebut Raffles sebagai ilmuwan atau seorang peneliti yang secara suka
rela datang ke Hindia Belanda untuk meneliti Candi Borobudur, Prambanan, dan
meriset sastra Jawa? Apakah saya harus menyebutnya seorang turis yang tiba-tiba
berhasrat melakukan penelitian karena banyak objek menarik di Hindia Belanda?”
Masih dalam suasana marah, dialog tetap
berlangsung antara Sastri dan Harold Dickens tentang penjajah dan penjajahan.
Mereka mempunyai pandangan berbeda tentang penjajah dan penjajahan. Paling
tidak tentang refleks yang disebut sastri sebagai penjajah itu. Debat
berlangsung keras sekitar lima belas menit karena Sastri berani membantah
perintah Dickens. Karena Harold Dikens tetap defensif dan menyalahkan Sastri,
dengan suara pelan gadis berusia 24 tahun itu menjawab.
(Pilihan Sastri
Handayani, Sori Siregar)
8.
Hal positif yang terdapat pada tokoh
Sastri adalah....
A. mempertahankan
pendapat dengan logis dan sopan
B. menolak
pandangan Harold Dikens meskipun benar dan logis
C. mempertanyakan
dengan terus berdebat pendapat lawan
D. mengalah
karena lawan bicara terus-menerus menyalahkan Sastri
E. menyetujui
pendapat orang lain meski berbeda dengan keyakinan sendiri
9.
Simpulan isi cerita pada kutipan
tersebut adalah....
A. Sastri
berdebat dnegan Harold Dickens tentang predikat refleks sebagai ilmuwan atau
penajajah di Indonesia.
B. Harold
meminta Sastri membuat naskah drama tentang refleks sebagai pahlawan yang latar
Candi Borobudur dan Prambanan tetapi Sastri menolaknya.
C. Sastri
minta maaf pada Halord Dikens karena menganggap refleks sebagai penjajah dan ia
tidak dapat mengubah pendapatnya tentang penjajah.
D. Sastri
marah kepada Harold Dikens karena Harold memaksakan kehendaknya menyuruh Sastri
menulis naskah drama dengan refleks sebagai tokoh utama yang baik.
E. Sastri
berdebat keras dengan Harold Dikens selama lima belas menit tentang peran
refleks sebagai penjajah dan perdebatan itu dimenangkan oleh Harold.
Cermati tajuk rencana berikut untuk
menjawab soal nomor 10 dan 11!
Penggunaan jasa penerbangan tentu
berharap semua maskapai mencapai standat keselamatan excellent. Bebeda dengan bis kota yang boleh mogok di tengah jalan,
bagi trasportasi udara, merusakkan mesin dan kekacauan sistem pasca lepas
landas adalah dosa terbesar.
Maskapai penerbangan tidak boleh
terjebak dalam perang tarif. Liberalisasi dalam pasar bebas tidak berarti
kebebasan dalam mematikan pesaing dalam menerapkan tarif serendah-rendahnya.
Karena kalau itu yang terjadi, dan standart keselamatan dikorbankan, maskapai
penerbangan sejatinya tengah mematikan pengguna jasa dalam arti harfiah.
10. Opini
penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah....
A. Maskapai
penerbangan harus memiliki standart keselamatan dan tidak boleh terjebak dalam
perang tarif.
B. Transportasi
udara yang mengalami kerusakan mesin merupakan bencana dan dosa besar.
C. Maskapai
penerbangan tidak boleh melakukan liberalisasi dalam pasar bebas.
D. Jika
standart keselamatan dikorbankan sejatinya telah menerapkan tarif
serendah-rendahnya
E. Selama
ini mesakapai penerangan terus-menerus menyeramkan bagi pengguna jasa`
11. Keberpihakan
penulis dalam kutipan tajuk rencana adalah kepada....
A. maskapai
penerbangan
B. pengusaha
penerbangan
C. pengguna
jasa penerbangan
D. pemerintah
E. pengelola
penerbangan
Cermati paragraf berikut untuk
menjawab soal nomor 12 dan 13!
Peran perempuan dan laki-laki dalam
mewujudkan pembangunan berkelanjutan menuju kesejahteraan bangsa perlu
perhatian khusus. Melalui peringatan Hari Ibu tahun ini diharapkan adanya
peningkatan pendidikan politik dan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan
dan peningkatan peran perempuan dan lak-laki dalam membangun ekonomi kreatif yang berwawasan lingkungan. Di
samping itu, diharapkan juga peningkatan peran laki-laki dan keluarga dalam
penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dan anak.
12. Ide
pokok paragraf tersebut adalah....
A. peningkatan
pendidikan politik bagi perempuan
B. peningkatan
peran perempuan dan laki-laki
C. partisipasi
seorang perempuan dalam keluarga
D. penghapusa
diskriminasi perempuan dan anak
E. pembangunan
mental perempuan berwawasan lingkungan
13. Makna
kreatifdalam paragraf tersebut
adalah....
A. mempunyai
wawasan luas
B. tidak
ada tandingan
C. memiliki
daya cipta
D. selalu
ingin tahu
E. hal
yang bermanfaat
Bacalah kutipan Sastra Melayu
Klasik berikut dengan seksama untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
... Pemburu itu merentangkan jarinya
dan membubuh umpannya berkeliling, kemudian bersembunyilah dia di balik hutan
itu. Seketika datanglah sekawanan burung tekukur, adalah dalam sekawanan
terkukur itu seorang rajanya. Sekalian tekukur itu singgahlah memakan umpan
itu.. sekaliannya itu pun terkenalah jaring itu.
Demi dilihat oleh pemburu itu segala
tekukur sudah terkena jaring, suka citalah ia terlalu sangat serta berlari-lari
datang hendak menangkap burung itu. Pada ketika itu, berkatalah raja tekukur
itu kepada segala rakyatnya, “Hai kamu sekalian, dengarlah olehmu bicaraku.
Sementara belum datang pemburu itu, hendaklah kamu sekalian terbangkan jaring
itu, supaya kita terlepas darpada bahaya ini.”
Demi didengar oleh segala tekukur
itu akan titah rajanya, sekaliannya itu pun terbanglah ke udara membawa jaring
itu.
(Hikayat Kalilah dan Damnah)
14. Kemustahilan
yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah....
A. Sekawanan
burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjerat.
B. Sekawanan
burung tekukur memakan umpan yang ditebarkan pemburu di sekeliling jaring.
C. Dalam
sekawanan burung tekukur terdapat seekor burung sebagai rajanya.
D. Raja
tekukur ikut terbang bersama rakyatnya dan terjerat jaring pemburu.
E. Seorang
mempunyai pikiran yang cerdik untuk melepaskan rakyatnya dari kebinasaan.
15. Nilai
sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah....
A. memberi
makan burung-burung bebas
B. raja
ikut sengsara bersama rakyatnya
C. menolong
sesama dari kesulitan atau bahaya
D. bersuka
cita melihat jerat mengena sasaran
E. mengecoh
musuh dengan tipuan
Cermati paragraf berikut ini untuk
menjawab soal nomor 16 dan 17!
(1)Menata pola makanan dan aktivitas
fisik merupakan cara untuk menurunkan resiko stroke, termasuk rutin mengonsumsi
makanan kaya potasium. (2) Buah dan sayur adalah sumber potasium yang baik. (3)
Tidak sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan
sayuran. (4) Hal itu diungkapkan para peneliti yang telah meriset 90.000 wanita
dari usia 50 hingga 79 tahun selama 11 tahun. (5) Dengan demikian, mengonsumsi
makanan kaya potasium akan membantu mengurangi resiko terkena stroke.
16. Kalimat
fakta pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
17. Simpulan
paragraf tersebut adalah....
A. Tidak
sulit mendapatkan potasium karena ia terkandung dalam berbagai buah dan
sayuran.
B. Mengonsumsi
makanan yang kaya potasium dapat mengurangi resiko terkena stroke.
C. Menata
pola makan dan aktivias fisik merupakan cara untuk menurunkan berat badan.
D. Wanita
yang mengonsumsi potasium memiliki resiko gangguan ginjal sepuluh persen lebih
rendah.
E. Mengonsumsi
potasium berlebihan tidak baik, terutama bagi orang lanjut usia dan penderita
gangguan ginjal.
18. Cermati penggalan biografi berikut!
Kepiawaian Idris Sardi dibentuk sejak
kecil. Saat berusia enam tahun sudah meggesek biola dan minta diajari. Sang
ayah masih kurang mengacuhkannya. Namun, dia terus gigih belajar menggesek
biola. Pada usia delapan tahun, Idris sudah berkesmepatan belajar menggesek
biola pada Nicolai Vorfolomeyeff, seorang musikus dari Rusia yang kala itu
turut memimpin Orkes Radio Jakarta. Idris yang masih kelas III SD diterima
Nicolai sebagai mahasiswa luar biasa Akedemi Musik Indonesia (AMI) Yogyakarta.
Sejak
masih bocah cilik dia sudah sangat sibuk. Pagi hari dia harus ke BRI, sebelum
ke sekolah. Siangnya kuliah sebagai mahasiswa luar biasa AMI. Sorenya ke BRI
lagi. Si bocah kecil, nan ajaib itu kian lincah bermain biola, laksana Mozart
dalam komposisi. Ketika usianya sepuluh tahun, pada 1949, Idris pertama kali
berkesempatan ikut dalam konser AMI, di Gedung Negara, Wakil Presiden Republik
Indonesia (1972-1978) Yogyakarta. Dia menjadi rebutan tontonan yang antre
menyalami sesuai pergelaran. Sang ayah baru sadar atas bakat akan melebihinya.
Sadar akan hal itu, Sang Ayah makin mendorong dan mendukungnya.
Idris
tumbuh menjadi seorang musisi berbakat dan hebat. Dia sukses sebagai ilustrator
dan penata musik film. Dia pun meraih beberapa penghargaan komposisi dan
ilustrator musik untuk film. Idris Sardi mempunyai seorang murid yang telah
sukses menjadi violis juga, yaitu Fayza Maylaffayza Wiguna. Menurut Fayza,
gesekan Idris mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti.
Keteladanan
tokoh Idris Sardi pada penggalan biografi tersebut adalah....
A. Menggunakan
kesempatan belajar dengan baik sebagai pengalaman hidupnya`
B. Mnejadi
penyiar radio RRI Yogyakarta dijalaninya sejak masih kelas III SD.
C. Bakat
dan keahlian bermain bola menjadikannya meraih beberapa penghargaan di bidang
musik.
D. Kegigihannya
dalam belajar membuat ia hidup suskes dan menjadi luar biasa.
E. Gesekan
biola Idris Sardi mengandung kekuatan irama yang sukar diikuti oleh
murid-murid.
19. Cermati kutipan berikut!
“Las, mereka tahu apa dan siapa kamu
sebenarnya. Tapi aku tidak tahu mengapa mereka lebih suka cerita palsu,
barangkali untuk menyakiti aku dan kamu. Sudahlah Las, biarkan mereka. Kita
sebaiknya nrima saja. Kata orang nrima ngalah luhur wakasane.”
(Bekisar Merah, Ahmad Tohari)
Pendeskripsian
watak tokoh aku yang pasrah dalam
kutipan novel tersebut diungkapkan melalui ....
A. uraian
langsung pengarang
B. ciri
fisik tokoh
C. lingkungan
di sekitar tokoh
D. perbuatan
tokoh
E. ucapan
tokoh
20. Cermati kutipan berikut!
(1)Mereka, Wartini dan Syamsu, sering
bermain musik bersama-sama. (2) Wartini bermain piano dan Syamsu bermain biola.
(3) Sejak kedatangan Syamsulah, Wartini mulai bermain piano kembali. (4)
Sekali, malam-malam, Wartini dan Syamsu memainkan lagu Ave Maria, karangan
Gounod. (5) Aku waktu itu sedang sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam
kamarku.
Latar
waktu pada paragraf tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....
A.
(1)
dan (2)
B.
(1)
dan (3)
C.
(2)
dan (3)
D.
(2)
dan (4)
E.
(4)
dan (5)
21. Cermati paragraf berikut!
(1)Pencegahan kecelakaan berlalu lintas
harus dilakukan oleh pengendara. (2) Siapapun tidak pernah tahu dan tidak
pernah ada yang mau celaka. (3) Salah satu cara pencegahan itu yaitu selalu berdisiplin berlalu lintas. (4)
Berdisiplin berarti selalu berwaspada terhadap hal-hal yang membahayakan
pengendara. (5) Contoh prilaku disiplin yaitu menggunaka atribut pengendara
secara benar, mengatur kecepatan laju kendaraan, dan mematuhi peraturan lalu
lintas.
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
22. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Kalimat
utama: Di layar televisi muncul bakat muda yang melahirkan karya yang sangat
berkualitas.
Kalimat
penjelas:
(1)
Seluruh genre yang ditayangkan harus digarap dengan serius agar berimbang dan
memenuhi selera penonton.
(2)
Karya mereka banyak yang ditayangkan di sejumlah stasiun televisi.
(3)
Sutradara Lasja F. Susatyo (43) yakin penonton Indonesia mampu mengapresiasi
beragam tema film.
(4) Karya tersebut antara lain, Bab yang Hilang, Jalan Petang, dan Mereka Kini.
(5) Filim dokumenter sejarah Bab yang Hilang terbukti diminati
penonton.
A. (1),
(2), dan (4)
B. (1),
(3), dan (4)
C. (2),
(3), dan (5)
D. (2),
(4), dan (5)
E. (3),
(4), dan (5)
23.
Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik
tersebut adalah ....
A. Subsidi
BBM di Indonesia mengalami peningkatan sebelum tahun 2005.
B. Tahun
2008 subsidi BBM meningkat dari tahun sebelumnya.
C. Jumlah
subsidi BBM yang paling rendah diberikan pada tahun 2009/
D. Subsidi
BBM tahun 2010 lebih tinggi dari tahun 2011/
E. Dari
tahun 2009 sampai tahun 2013 subsidi BBM selalu meningkat.
24.
Simpulan isi grafik tersebut yang sesuai
adalah ....
A. Jumlah
subsidi BBM di Indonesia dalam rentang waktu 2005-2013 pada umumnya menurun.
B. Jumlah
subsidi BBM di Indonesia rentang waktu 2005-2013 mwnunjukkan angka yang tidak
stabil.
C. Dalam
kurun waktu 2005-2013 terjadi dua kali penurunan jumlah subsidi BBM di
Indonesia rentang waktu 2005-2013 tidak pernah mengalami penurunan.
D. Jumlah
subsidi BBM di Indonesia rentang waktu 2005-2013 setiap tahun mengalami
peningkatan.
25.
Cermati
kutipan novel berikut!
“Saya tidak mengerti sekali-kali bagaimana fikiran Saleh, maka ia akan
meminta berhenti dengan tidak berbicara lagi dengan familinya. Anak-anak muda
sekarang snagat memudahkan segala sesuatu. Seratus dua puluh rupiah sebulan!
Coba pikirkan bagaimana senangnya penghidupan anak muda yang baru berumur dua
puluh tahun dnegan pendapatan sebesar itu. Tetapi itu dibuangnya saja dengan
ucapan yang bukan-bukan: hendak bekerja sebagai manusia bebas; hendak mencari
pekerjaan yang sesuai dengan hatinya; pekerjaan kantor yang tenang itu dikatakannya
pekerjaan mesin yang mematikan semangat ...”
“... percaya saya, bahwa ia tidak senang pekerjaan tenang dalam kantor,
mengisi daftar ini, menyalin surat anu, mengantuk-ngantuk mennati pukul dua”.
(Layar terkembang,
Sutan Takdir
Alisyahbana)
Kalimat
esai yang sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah ....
A. Penggambaran
pemberontakan prinsip seorang anak terhadap orang tuanya dalam cerpen tersebut,
terasa sangat sesuai dengan apa yang ditemukan dalam kehidupan nyata.
B. Cerita
yang ini sangat sulit dicerna oleh pembaca oleh generasi zaman sekarang karena
cerita yang diungkapkan berupa suatu fakta yang dibuat-buat atau di luar
logika.
C. Dalam
cerita ini pengarang menggunakan bahasa yang sulit dipahami sekalipun dia sudah
mencoba memaparkan suasana dalam cerita detail.
D. Bila
dicermati dengan baik isi cerita tersebut, tampak kekurangjelasan alur cerita
sehingga tidak tergambar konflik yang dialami tokoh.
E. Diksi
yang digunakan dalam cerita banyak dipengaruhi oleh beberapa kata bahasa daerah
si pengarang, misalnya penggunaan kata sekali-kali,
tiada, dan hendak.
26. Cermati kutipan novel berikut!
“Sembialn orang ... baru sembilan orang
Pamanda guru, masih kurang satu ...,” katanya gusar pada bapak kepala sekolah.
(LP:20)
Ibunda
guru, mesti tahu bahwa anak-anak kuli ini kelakuannya kasar (LP:71)
“Gambar TV itu bisa dipantul-pantulkan
melalui kaca, Ayahanda Guru,” kata
Mahar berbinar-binar dengan ekspresi lugu. (LP:153)
“Silakan Ananda perkenalkan nama dan alamat rumah ...,” pinta Bu Mus lembut
pada anak Hokian itu.
(Laskar Pelangi
Andrea Hirata)
Kalimat
yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah ....
A. Penggunaan
kata sapaan terasa ‘menggelitik’ karena diucapkan lengkap dan baku dalam
percakapan sehari-hari.
B. Penggunaan
sapaan dalam bahasa daerah yang tidak biasa digunakan boleh digunakan dalam
karya sastra.
C. Kata
sapaan yang digunakan pada novel tersebut, sudah biasa dijumpai dalam karya
sastra.
D. Kata
sapaan tersebut biasa digunakan dalam keseharian oleh masyarakat Belitung baik
dalam situasi resmi maupun tidak resmi.
E. Apakah
benar seorang anak masih usia SD menggunakan sapaan sesantun itu kepada
gurunya.
27. Cermati penjelasan berikut!
Buku
Lidah Sembilu yang ditulis oleh
Damhuri Muhammad berisi enam belas cerita pendek. Isi cerita berasal dari
cerita kaba (cerita rakyat sehari-hari di daerah Minangkabau), antara lain
“Karnaval Pusar”, “Lidah Sembilu”, dan “Perempuan Berkerudung Api”. Cerita
berkisah pada kepercayaan terhadap guna-guna, mistik, dan akhir cerita berupa
akibat dari apa yang dilakukan oleh tokoh.
Kalimat
resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data adalah ....
A. Cerita-cerita
yang dibuat oleh Damhuri Muhammad adalah cerita yang sudah sangat lazim dan
bermanfaat bagi pembaca.
B. Cerita-cerita
yang ditulis oleh Damhuri Muhammad tidak dapat digolongkan ke dalam sebuah
kumpulan cerpen.
C. Damhuri
Muhammad adalah seorang penulis yang tergolong masih muda pengalaman sebagai
penulis cerpen di dunia sastra.
D. Kumpulan
cerpen Damhuri Muhammad yang berjudul Lidah
Sembiluhanya dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena berisi hal-hal
yang dibumbui-mistik.
E. Dapat
dikatakan bahwa seorang penulis cerpen seperti Damhuri Muhammad masih
memerlukan pengesahan dalam penciptaan karya sastra.
28. Cermati kutipan teks drama berikut!
Anak:
“Sudahlah, Bu. Sudah larut, Ibu tidur saja.”
Ibu:
“Aku belum mengantuk, Tin.”
Anak:
“Kepala Ibu sudah berkali-kali terbentur ke meja. Itu tandanya Ibu mengantuk.”
Ibu:
“Jangan memaksa Ibu untuk tidur, Tin.”
Anak:
“....”
Ibu:
“Walaupun sudah larut malam, Ayahmu pasti pulang, Tin. Jika Ayah tidak pulang,
pasti dari tadi memberi tahu Ibu.”
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah ....
A. Ibu
nanti jatuh sakit. Tidurlah.
B. Masih
perlukah Ibu menunggu kepulangan Ayah?
C. Tidak
biasanya Ibu berjaga sampai selarut malam ini.
D. Mari,
Ibu saya pijiti supaya tidak mengantuk.
E. Ibu
harus menjaga kesehatan Ibu supaya tidak jatuh sakit.
29. Cermati teks pidato berikut!
Hadirin
yang berbahagia,
Bencana alam terjadi di mana-mana
sehingga sangat merugikan bagi manusia dan alam sekitarnya. Kita kehilangan
harta benda ataupun orang-orang yang kita sayangi. Mengapa bencana alam
terjadi? Apakah karena ulah manusia sendiri yang mulai kurang peduli tanpa
perhitungan, pohon-pohon dijarah oleh manusia serakah, sampah dibuang di
saluran-saluran air. Pembangunan dilakukan tanpa memperhatikan lingkungan. Kita
tidak ingin bencana alam terjadi lagi ....
Kalimat
imbauan untuk emlengkapi teks pidato tersebut adalah ....
A. Marilah
kita jaga lingkungan kita dengan bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam
di sekitar kita.
B. Jangan
mengulang sikap-sikap yang tidak terpuji karena kita tidak ingin bencana
terulang lagi.
C. Sebaiknya
kita bersatu padu menjaga dan melestarikan kekayaan bangsa dan tanah air kita.
D. Lingkungan
harus dijaga dengan baik sehingga akan memberikan manfaat kepada kita.
E. Manusia
dapat bersikap bijaksana dalam mengelola lingkungan dan berpartisipasi terhadap
lingkungan sekitar kita.
30. Cermati bait puisi berikut!
Aku
memandangi dirimu
Melahap
langit dengan mataku
Menyentuhkan
air mata di hatimu
Mencari
surga tempat di mana aku
mendengar
gumam
Kerinduan
yang ...
Evi Idawati
Untaian
kata berima yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersebut adalah ....
A. mengait
hati
B. mengasah
tatapan
C. merajam
batu
D. meleburkan
malam
E. membebas
diri
31. Baca cermat kutipan berikut!
Lurus
jalan ke Payakumbuh
Kayu
jati bertimbal alan
...
Jika
diri hilang harapan
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A. Bagaimana
hati takkan rusuh
B. Bagaimana
tidak akan sedih
C. Hati
ini akan selalu gundah
D. Hati
ini akan selalu sedih
E. Bagaimana
tidak akan susah
32. Cermati topik berikut!
Topik: Penggunaan pupuk urea menyebabkankesuburan
tanah menurun.
Rumusan
masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....
A. Sejak
kapan petani lebih menyukai penggunaan pupuk urea?
B. Adakah
cara lain agar tanah dapat ditanami?
C. Mengapa
penggunaan pupuk urea menurunkan kesuburan tanah?
D. Apa
yang menyebabkan penggunaan pupuk urea meningkat?
E. Apa
yang dapat dilakukan untuk menyuburkan tanah?
33. Cermati topik berikut!
Topik
karya tulis: manfaat makan sayur bagi
kesehatan anak-anak
Kalimat
latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ....
A. Banyak
anak-anak yang tidak suka makan sayur walaupun dimasak bervariasi.
B. Sayur
dalam makanan anak sangat penting bagi pertumbuhan dan kesehatan anak.
C. Banyak
ibu yang kesulitan menyuruh anak untuk makan sayur setiap hari.
D. Sangat
sulit menyuruh anak makan sayur setiap hari karena tidak enak dan membosankan.
E. Banyak
ibu yang belum memperhatikan manfaat makan sayur bagi kesehatan anak.
34. Cermatilah kalimat topik karya
ilmiah berikut!
Judul: Ibu Guru mengoreksi karya tulis Satrio yang
berjudul “pembudidayaan tanaman anggrek di lingkungan rumah”.
Penulisan
judul karya tulis ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD adalah ....
A. Pembudidayaan
tanaman anggrek di lingkungan rumah
B. Pembudidayaan
tanaman anggrek di Lingkungan Rumah
C. Pembudi
dayaan Tanaman Anggrek Di lingkungan rumah
D. Pembudi
Dayaan Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah
E. Pembudidayaan
Tanaman Anggrek di Lingkungan Rumah
35. Perhatikan kalimat berikut!
Berdasarkan iklan di harian Berita,25 Juni 2011, dengan ini saya
sangat ingin melamar pekerjaan sebagai maneger perusahaan pada perusahaan yang Bapak/Ibu
pimpin.
Perbaikan
kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah ....
A. mengganti
sangat ingin menjadi berniat
B. mengganti
berdasarkan menjadi berkaitan dengan
C. mengganti
sangat ingin menjadi berencana
mengganti sangat ingin melamar menjadi mengajukan lamaran
D. mengganti
berdasarkan menjadi sehubungan dengan
36. Cermati ilustrasi berikut ini!
Rudi adalah seorang Sarjana Teknik
Bangunan UGM. Ia menyelesaikan kuliahnya tahun 2010 dengan IP 3,8. Rudi lahir
di Wamena, 25 April 1987, memiliki kemampuan merancang bangunan tahan gempa
yang telah teruji. Ia mengoperasikan komputer dalam berbagai program.
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Kami
Rudi, seorang Sarjana Teknik Bangunan UGM yang memiliki pengalaman pemasaran
perumahan ingin melamar pekerjaan di perusahaan Bapak.
B. Saya,
Rudi, Sarja Teknik Bangunan tamatan Universitas Gajah Mada, memiliki kemampuan
merancang bangunan tahan gempa, mengajukan pelamaran di perusahaan Bapak.
C. Rudi
adalah seorang yang memiliki kemampuan membangun rumah tahan gempa dan
bermaksut melamar pekerjaan di tempat Bapak.
D. Saya
merancang bangungan tahan gempa yang sangat dibutuhkan dewasa ini, sehingga
saya ingin melamar pekerjaan karena IP saya 3,8.
E. Saya
tertarik dengan bangunan-bangunan tahan gempa sehingga berhasil memperoleh
gelar Sarjana Teknik Bangunan dari UGM, dan bermaksut melamar pekerjaan di
perusahaan Bapak.
37. Cermatilah paragraf tersebut!
Saat uni globalisasi sedang memapar ke
seluruh wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Proses ini sedikit banyak membawa
pengaruh positif. Salah satunya adalah memperkaya kreatif dan menciptakan ruang belajar lebih luas bagi generasi
penerus bangsa. Dengan demikian, mereka memiliki bekal komputeruntuk mampu menghadapi masa depan dengan baik. Orang tua
juga harus memberikan stimulasidini
mendukung perkembangan intelektualnya.
Perbaikan
istilah yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
A. kreasi,
kompetitif, simulator
B. kreativitas,
kompetensi, stimulator
C. kreativitas,
kompetisi, stimulus
D. kreasi,
kompetitif, stimulan
E. kreative,
kompeten, stimulus
38. Cermati paragraf berikut!
Mencegah urbanisasi merupakan persoalan
pelik ... untuk jangka panjang kita harus berani mengubah kebijakan pembangunan
kita. Sangatlah perlu mengurangi kesenjangan keseimbangan kota ... desa.
Kata
penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. tetapi,
atau
B.
sehingga, dan
C.
karena, bahkan
D.
agar, dan
E.
juga, serta
39.
Cermati
teks berikut!
Semenjak manusia mengalami planet bumi,
mereka sudah sering menghadapi masalah kesehatan. Penyebab utamanya adalah
faktor lingkungan mereka .... Namun, karena ilmu pengetahuan mereka ..., setiap
kejadian yang luar biasa dalam kehidupannya sering dikaitkan dengan hal-hal
yang bersifat mistik. Contohnya, wabah penyakit yang melanda sebuah tempat
dianggap sebagai kutukan ... dari dewa.
Frasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. sangat
kotor, sangat kurang, amat berat
B. cukup
kotor, terlalu berat, agak berat
C. paling
kotor, sangat kurang, paling berat
D. agak
kotor, agak kurang, agak berat
E. agak
kotor, kurang sekali, lebih berat
40. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Matanya begitu indah. Hidungnya mancung.
Kulitnya lembut dan hangat. Seluruh penampilan wajahnya membangun sebuah air
muka yang bagi sebagian orang, entah mengapa, cantik sekali. Ia dianggap memesona. Selain tebal,
rambutnya juga ikal bergelombang, turun sampai menutupi leher.
Kalimat
yang tepat untuk menggantikan kalimat yang becetak
miring adalah....
A. Rambutnya
hitam, berkilau dan tebal.
B. Kecantikannya
memesona siapa pun memandang.
C. Rambut
bagi wanita merupakan mahkota.
D. Kecantikannya
ditunjang oleh keindahan rambutnya.
E. Perpaduan
rambut dan wajah sangat serasi.
41. Cermati paragraf berikut!
Noni tidak disukai teman-temannya. Apa
yang dikerjakan oleh teman-temannya selalu dicelanya. Ada saja kekurangannya.
Padahal, dirinya sendiri jika mengarjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih
besar. Akan tetapi, ia tidak pernah merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur
Noni dengan peribahasa “...”. Walaupun begitu Noni tetap tidak merasa bersalah.
Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf
tersebut adalah....
A. Kuman
di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak nampak.
B. Dalam
laut dapat diduga, dalam hati tiada yang tahu.
C. Berjalan
peliharakan kaki, berbicara peliharakan mulut.
D. Kilat
mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E. Tak
layu jenjang dikeping, tak emas bungkul diasah.
42. Cermati teks berikut!
Akhir-akhir ini grup band asal Korea sedang digandrungi oleh
para remaja di dunia. Grup band tersebut juga menggelar konser di Jakarta untuk
mempromosikan album terakhirnya. Remaja di Jakarta menyambutnya dengan penuh
antusias karena grup band ini memang sedang .... Banyak remaja yang menonton
konsernya terpukau oleh penampilan mereka. Mereka memberikan apresiasi yang
luar biasa sehingga album mereka terjual laris di pasaran.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah.....
A. jatuh
hati
B. jantung
hati
C. naik
daun
D. anak
emas
E. buah
bibir
43. Cermati paragraf berikut!
Mutasi
... akan berlangsung akhir Oktober atau awal November mendatang. Sejumlah
Kepala Pimpinan Daerah (SKPD), para camat, lurah, dan kepala sekolah akan
mengisi pos baru. Mereka mulai sibuk ... menduduki jabatan baru.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. besar-besar,
menyiap-nyiapkan
B. membesar-besarkan,
siap-siap
C. besar-besaran,
siap-siap
D. besar-besarkan,
disiap-siap
E. dibesar-besarkan,
siap-siapkan
44. Cermati teks berikut!
Kita sudah tidak asing lagi mendengar
para pemain sepak bola mancanegara mendapat gaji sangat tinggi. Bahkan,
akhir-akhir ini terdengar berita yang sangat ... dunia olah raga bahwa ada
seorang pemain musim panas yang pindah tim dengan harga transfer hampir satu
triliun. Pemain sepak bola tersebut sangat bangga dengan ... ke salah satu klub
besar tersebut. Hal itu membuat dia bermain lebih baik lagi untuk ...
potensinya dalam memainkan si kulit bundar.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. dikejutkan,
berpindah, berkembang
B. dikejutkan,
berpindahnya, berkembangnya
C. mengejutkan,
kepindahannya, dikembangkan
D. mengejutkan,
dipindahkannya, dikembangkan
E. terkejut,
dipindahkan, perkembangan
45. Cermatilah paragraf berikut!
Setiap hari Minggu sudah menjadi ... Ibu
untuk membeli barang-barang kebutuhan rumah tangga di toko. Untuk setiap barang
yang dibelinya, tidak lupa Ibu meminta ... sebagai bukti pembayaran. Ada juga
yang berupa ...
Kata
serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. scedule,
kwitansi, strook
B. jadwal,
seteruk, kwitansi
C. jadual,
bon, strok
D. jadwal,
kuitansi, setruk
E. skedul,
bon, kwitansi
46. Cermati paragraf berikut!
Ekosistem di sejumlah kawasan wisata
Taman Laut Nasional Bunaken (TLNB) di Manado, Sulawesi Utara, keindahannya
sudah kesohor di jagad raya. Saat ini tempat itu terancam rusak. Pasalnya,
sampah yang semakin hari numpuk dari
sejumlah muara sungai yang sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggung
jawab di kota Manado, mengalir ke Teluk Manado. Akibatnya, karang laut yang
indah bersama pemandangan di dalam laut yang tidak kalah menakjubkan itu dikuatirkan akan punah. Tidak cuma itu, objek wisata ini akan sepi
dari pengunjung.
Perbaikan
kata bercetak miring (tidak baku) dalam paragraf tersebut adalah ....
A. bertumpuk,
dikuatirkan, cuman
B. ditumpuk,
khawatir, hanya
C. menumpuk,
dikhawatirkan, hanya
D. bertumpuk,
khawatir, cuman
E. ditumpuk,
kawatir, hanya
47.
Bacalah
paragraf naratif berikut!
Begitulah ibu menggerutu setiap melihat aku mencoret-coret kertas. Aku
tak kesal, tidak sekali pun. Bahkan terkadang ibu megingatkan aku ketika aku
sedang menghadapi sepiring nasi. Padahal, ayah pernah berkata, jangan nasihati
anak ketika sedang makan ....
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A. Aku
hanya diam mendengar omongan ibu.
B. Akan
tetapi, ibu tetap menasihatiku.
C. Namun,
ibu suka menasihatiku.
D. Itu
kulakukan untuk membahagiakan ibu.
E. Ibu
tidak mengerti apa yang ada dalam pikiranku.
48. Bacalah paragraf berikut dengan
cermat!
Yang berdiri paling depan dalam deretan
itu, yang berpegang pada kawat rajang loket, yang tampak seperti karung kosong
dijemur di jemuran kain, adalah seorang lelaki berperawakan kurus. Pakaiannya
lusuh, kotor, dan robek-robek. Bau yang tidak sedap dari keringat tubuhnyanpun
menyengat. ...
Kalimat
yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah ....
A. Orang
yang antre di belakan menutup hidung dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak
dihiraukannya.
B. Udara
makin panas, mereka terlihat gelisah, dan raut mukanya tampak lelah sekali
setelah seharian bekerja.
C. Satu
per satu menuju ke depan loket dan menyodorkan sesuatu, lalu pulang
meninggalkan tempat.
D. Mereka
terlihat pula memegang sesuatu di tangan kiri masing-masing dan memegangnya
erat-erat
E. Sebentar-sebentar
orang-orang melepaskan pegangannya di kawat rajang pos yang tajam dan runcing.
49. Cermatilah kalimat berikut!
(1)
Membuat ringkasan melibatkan kerja
analisis dan kerja sintesis.
(2)
Analisis dan sintesis itu saling
berhubungan.
(3)
Artinya, dieari unsur-unsur kecil dulu,
kemudian dirangkai menjadi kalimat dan paragraf.
(4)
Setelah menganalisis, orang akan membuat
sintesis.
(5)
Jadi, untuk meringkas bacaan, kita harus
menafsirkan isinya, menguraikan unsur-unsurnya, memisahkan pikiran-pikiran
utamanya dan penjelasannya, kemudian menyusun ringkasan dalam beberapa
paragraf.
Urutan
kalimat tersebut agar menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah ....
A. (1),
(2), (4), (3), dan (5)
B. (2),
(3), (4), (5), dan (1)
C. (3),
(1), (2), (4), dan (5)
D. (4),
(5), (1), (2), dan (3)
E. (5),
(1), (2), (3), dan (4)
50.
Cermati
paragraf berikut!
Dalam pelaksanaan kegiatan Kemah Budaya
Nasional, peserta dibekali materi kebudayaan yang sangat kental. Mereka berlalu-lalang dengan wajah gembira
di sekitar perkemahan.Hal itu dijadikan sebagai bahan penyusunan pedoman
pengenalan dan pengajaran masalah budaya.
Kalimat
yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang bercetak miring dlam paragraf
tersebut adalah ....
A. Mereka
memperoleh pendidikan kebudayaan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.
B. Mereka
diajak untuk mengamati prilaku budaya masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
C. Mereka
dapat memaknai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pola berpikir positif.
D. Mereka
diajak untuk peka dalam memahami permasalahan budaya di masyarakat.
E. Mereka
menjalin komunikasi yang baik di antara sesama penganut budaya nasional.
PEMBAHASAN DAN JAWABAN
BAHASA
INDONESIA
UJIAN NASIONAL (SMA/MA IPA/IPS)
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
1. Kalimat
tanya (introgatif) adalah kalimat yang isinya menanyakan sesuatu atau
seseorang. Jawaban yang sesuai dengan isi paragraf adalah Kita tidak lagi mempunyai
kepekaan untuk melihat hal-hal di luar diri-sendiri.
Jawaban: E
2. Tujuan
penulis menyampaikan informasi tersebut kepada pembaca adalah Menjelaskan
sulitnya berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar kita karena kesibukan.
Jawaban: E
3. Cerpen
adalah karya sastra yang berbentuk prosa yang isinya merupakan kisahan pendek
yang mengandung kesan tunggal, karena masalah dalam cerpen sangat dibatasi.
Cerpen
memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. ceritanya
pendek, singkat, dan padat (masalahnya tunggal),
b. habis
dibaca sekali duduk,
c. jumlah
katanya kurang dari 10.000 kata
d. beralur
tunggal
e. tidak
menimbulkan perubahan nasib tokoh
f. penokohannya
sangat sederhana, singkat, dan tidak mendalam.
Keterkaitan
peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut yang berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari adalah anak muda yang mudah emosional.
Jawaban:
B
4. Jawaban
dari kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf adalah Salman emosi karena merasa
tersaingi oleh Anjas.
Jawaban: C
5. Gurindam
adalah puisi lama yang terdiri atas dua baris dalam satu bait. Kalimat baris
pertama menyatakan perbuatan dan kalimat baris kedua menyatakan akibat yang
timbul dari perbuatan tersebut.
Maksut
dari isi gurindam tersebut adalah Orang yang ingat akan mati, ia akan selalu
berbuat baik.
Jawaban:
B
6. Puisi
adalah ragam sastra yang terikat oleh larik dan bait. Di dalam puisi terdapat
nilai-nilai kehidupan, moral, agama, kepahlawanan, dan lain-lain. Makna lambang
kata senja dalam puisi tersebut
adalah usiatua.
Jawaban: B
7. Puisi
merupkan karya sastra dengan pilihan kata yang penuh makna. Puisi dapat dibuat
berdasarkan pengalaman pribadi, pengalaman pribadi, pengalaman orang lain,
ataupun berdasarkan gambar. Struktur batin dalam sebuah puisi berkenaan dengan
apa yang hendak diungkapkan oleh penyair dengan perasaan dan suasana jiwanya.
Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah bimbang.
Jawaban: C
8. Perwatakan/penokohan,
yaitu penggambaran watak dan sifat-sifat tokoh cerita.
Hal
positif yang terdapat pada tokoh Sastri tersebut adalah Mempertahan pendapat dengan logis
dan sopan.
Jawaban:
A
9. Simpulan
adalah sesuatu yang disimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan
pernyataan yang lebih umum dari pernyataan-pernyataan lain dalam paragraf.
Simpulan
isi cerita dalam kutipan tersebut adalah Sastri marah kepada Hrold Dikens karena
Harold memaksakan kehendaknya menyuruh Sastri menulis naskah drama dengan
Rafles sebagai tokoh utama yang baik.
Jawaban:
A
10. Opini
adalah pendapat atau pandangan seseorang terhadap suatu masalah yang sedang
berkembang. Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah
Maskapai penerbangan harus memiliki standar keselamatan dan tidak boleh
terjebak dalam perang tarif.
Jawaban: C
11. Tajuk
rencana merupakan tulisan dalam sebuah surat kabar atau media massa yang berisi
pendapat atau pandangan dari dewan redaksi terhadap suatu permasalahan aktual.
Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah kepada Pengguna jasa penerbangan.
Jawaban: B
12. Ide
pokok adalah ide yang mendasari sebuah
paragraf. Ide pokok disebut juga gagasan utama. Gagasan utama sebuah paragraf
dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau seluruh paragraf. Ide pokok
paragraf tersebut adalah Peningkatan
peran perempuan dan laki-laki.
Jawaban: B
13. Makna
kata yang berarti maksud suatu kata atau isi suatu pembicaraan atau pikiran.
Makna suatu kata diartikan pula sebagai hubungan antara lambang bahasa, baik
itu yang berupa ujaran ataupun tulisan dnegan hal atau barang yang
dimaksudkannya. Makna kreatif dalam
paragraf tersebut adalah memiliki dayacipta.
Jawaban: C
14. Hikayat
merupakan karya sastra Melayu Klasik berbentuk prosa yang berisi cerita,
undang-undang, keagamaan, sejarah, kepahlawanan, geografi, maupun gabungan dari
sifat-sifat tersebut.
Kebanyakan
hikaya berisi cerita percintaan yang diceritakan secara panjang lebar. Selain
sebagai pelipur lara (hiburan), hikayat juga dapat menjadi pembangkit semangat
juang.
Ciri-ciri
hikayat adalah sebagai berikut:
1) Termasuk
sastra lama (cerita kuno) berbentuk prosa.
2) Ditulis
dalam bahsa dan struktur ejaan Melayu.
3) Ceritanya
berkisar di seputar istana (istanasentris)
4) Berisi
riwayat atau sejarah raja atau orang suci
5) Menceritakan
kesaktian yang mustahil.
Kemustahilan
dalam kutipan hikayat tersebut adalah Sekawanan
burung tekukur menerbangkan jaring yang berisi teman-temannya yang terjerat.
Jawaban: A
15. Niali-nilai
yang terdapat dalam karya sastra Melayu Klasik dapat berupa nilai budaya, nilai
sosial, dan agama. Nilai sosial yang tampak pada kutipan tersebut adalah menolongsesama dari kesulitan atau bahaya.
Jawaban: C
16. Fakta
adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan.
Termasuk di dalamnya ucapan pendapat atau penelitian orang atas suatu hal.
Kalimat fakta terdapat pada nomor (4) Hal
itu diungkapkan para peneliti yang telah meriset 90.000 wanita dari usia 50
hingga 79 tahun selama 11 tahun.
Jawaban: D
17. Simpulan
adalah suatu yang disimpulkan berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan berisi
pernyataan yang lebih umum dari pernyataan-pernyataan lain dalam paragraf.
Simpulan paragraf tersebut adalah Dengan
demikian, mengonsumsi makanan kaya potasium akan membantu mengurangi resiko
terkena stroke.
Jawaban: B
18. Biografi
adalah tulisan yang berisi riwayat hidup seseorang. Secara umum biografi berisi narasi perjalanan kehidupan seorang
tokoh, deskripsi kegiatan, dan prestasi tokoh, ekspresi gagasan, perasaan, dan
pandangan hidup tokoh. Biografi mengandung nilai pendidikan atau moral bagi
pembacanya. Keteladanan tokoh Idris Sardi pada penggalan biografi tersebut
adalah Kegigihannya dalam belajar membuat
ia hidup sukses dan menjadi manusia yang luar biasa.
Jawaban: D
19. Novel
adalah karya sastra yang menceritakan kehidupan seorang tokoh secara lengkap
dengan menonjolkan watak dan prilaku tokoh-tokohnya. Cara pengarang
menggambarkan watak tokoh melalui:
·
Penjelasan langsung dari pengarang
(tertulis)
·
Dialog antar tokoh
·
Tanggapan atau reaksi dari tokoh lain
terhadap tokoh utama
·
Pikiran-pikiran dalam hati tokoh
·
Lingkungan di sekitar tokoh atau
penampilan tokoh (rapi, bersih, teratur)
·
Bentuk fisik tokoh
·
Tingkah laku tokoh, tindakan tokoh, atau
reaksi tokoh terhadap suatu masalah
Pendeskripsian
watak tokoh aku yang pasrah dalam kutipan novel tersebut diungkapkan melalui
ucapan tokoh.
Jawaban:
E
20. Latar/setting
yaitu keterangan mengenai waktu, ruang atau tempat, dan suasana terjadinya
peristiwa dalam cerpen atau novel. Latar waktu pada paragraf tersebut terdappat
dalam kalimat nomor (4) Sekali,
Malam-malam, Wartini dan Syamsu memainkan lagu Ave Maria, karangan Gounod dan
nomor (5) Aku waktu itu sedang sakit kepala sedikit dan tidur saja dalam
kamarku.
Jawaban: E
21. Kalimat utama
merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat didiidentifikasi
oleh pengguna kata pokoknya..., pada dasarnya..., dengan demikian..., jadi...,
dan intinya...
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah nomor (1)
Pencegahan kecelakaan berlalu lintas harus dilakukan oleh pengendara.
Jawaban:
A
22. Kalimat
yang mengandung gagasan penjelasan disebut kalimat
penjalas. Penjelasan itu bisa dalam bentuk uraian-uraian kecil,
contoh-contoh atau ilustrasi, kutipan-kutipan, dan sebagainya. Kalimat penjelas
yang sesuai dengan kalimat utama tersbeut terdapat pada kalimat nomor (2) Karya mereka banyak yang ditayangkan di
sejumlah stasiun televisi, (4) Karya tersebut antara lain, Bab yang hilang, jalan petang, dan mereka
kini, dan (5) Film dokumenter sejarah Bab yang hilang terbukti diminati penonton.
Jawaban: D
23. Grafik
adalah gambaran pasang surut sesuatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau
gambar. Data dari tabel bisa dibuat menjadi grafik sehingga terlihat jelas
gambaran tentang data tersebut. Istilah lain grafik adalah diagram. Grafik atau
diagram dibuat agar dapat memberikan
informasi secara tepat dan cepat tentang tingkat peerkembangan atau penurunan
sesuatu yang didasarkan pada data yang akurat.
Ada
tiga bentuk grafik yang biasa digunakan untuk melengkapi sebuah karya tulis,
yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. Pernyataan yang sesuai
dengan isi grafik tersebut adalah Tahun
2008 subsidi BBM meningkat dari tahun sebelumnya.
Jawaban:
B
24. Grafik
atau diagram dibuat agar dapat memberikan informasi secara tepat dan cepat
tentang tingkat perkembangan atau penurunan sesuatu yang didasarkan pada yang
akurat. Simpulan isi grafik tersebut yang sesuai adalah Jumlah subsidi BBM di Indonesia tentang waktu 2005-2013 menunjukkan
angka yang tidak stabil.
Jawaban: B
25. Esai
merupakan karangan yang berisi uraian popular dan santai. Ualasan-ulasannya
bersifat pribadi, akrab, dan asyik dibaca layaknya obrolan biasa. Masalah yang
dibicarakan biasanya berkenaan dengan masalah sastra, filsafat, ekonomi,
pilitik, hukum, sosial, kesehatan, dan lain-lainnya. Kalimat esai yang sesuai
dengan kutipan novel tersebut adalah Diskusi
yang digunakan dalam cerita banyak dipengaruhi oleh beberapa kata bahasa daerah
di pengarang, misalnya penggunaan katasekali-kali,
tiada, dan hendak.
Jawaban: E
26. Kritik
adalah pertimbangan baik atau buruk suatu hasil karya. Kritik selalu
mempertimbangkan data atau fakta, kesimpulan, evaluasi, dan penilaian. Selain
itu juga kritik harus didukung oleh intuisi penulis secara tajam dan kritis.
Pada
prinsipnya menuliskan kritik berkaitan dnegan tiga aspek, yaitu:
1) Aspek
Historis, yaitu berkaitan dengan watak dan orientasi kesejahteraan
2) Aspek
Rekreatif, yaitu menghubungkan apa yang ditangkap/ yang telah diungkapkan
sastrawan.
3) Aspek
Penghakiman, yaitu berkaitan dengan nilai-nilai dan kadar artistiknya, yaitu
estetik (karya seni), epistemik (kebenar-benaran), normatif (arti kepentingan,
keagungan, dan kedalamannya).
Kalimat
kritik yang tepat untuk kutipan karya sastra tersebut adalah Penggunaan kata sapaan terasa “menggelitik”
karena diucapkan lengkap dan baku dalam percakapan sehari-hari.
Jawaban: A
27. Resensi
merupakan ulasan buku yang mengungkapkan penilaian terhadap suatu karya tulis
(buku) baik fiksi maupun nonfiksi. Resensi bertujuan untuk mempromosikan buku
dan membantu pembaca untuk menentukan perlu tidaknya membaca buku tersebut.
Kalimat
resensi yang menunjukkan kelemahan sesuai dengan data tersebut adalah Kumpulan cerpen Damhari Muhammad yang
berjudul Lidah Sembilu hanya dapat dikategorikan cerita fiksi biasa karena
berisi hal-hal yang dibumbui mistik.
Jawaban:
D
28. Dramaadalah
karya sastra yang ditulis dalam bentuk percakapan atau dialog yang
dipertujukkan oleh tokoh di atas pentas di hadapan para penonton. Drama
merupakan karya sastra yang bertujuan untuk menggambarkan kehidupan dengan
menyampaikan pertikaian dan emosi melalui lakuan dan dialog.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi teks drama tersebut adalah Masih perlukah Ibu menunggu kapulangan Ayah?
Jawaban:
B
29. Pidato adalah
pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditunjukkan kepada orang
banyak. Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan. Berdasarkan
tujuannya, ada empat macam pidato, yaitu:
1.Pidato Persuatif, bersifat mendorong
atau mengajak pendengar untuk menyetujui dan membangkitkan tindakan tertentu
pada pendengarnya.
2.
Pidato Informatif, bersifat
memeberitahukan atau menjabarkan agar pendengar
Memahami
informasi.
3.
Pidato Rekreatif, bersifat menghibur
agar pendengar terhibur sehingga muncul
Kegembiraan
4. Pidato Argumentatif, bersifat
meyakinkan agar pendengar mengikuti pendapat yang disampaikan.
Kalimat
imbauan untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah Marilah kita jaga
lingkungan dengan
bersikap lebih bijak dan peduli terhadap alam di sekitar kita.
Jawaban:
A
30. Puisidalam
Bahasa Inggris adalah poetry. Poetry
berasal dari kata Yunani, poet yang
mempunyai arti orang yang mencipta melalui imajinasinya. Puisi merupakan bentuk
ekspresi pemikiran yang membangkitkan perasaan dan merangsang pancaindra dalam
susunan yang berirama dengan mengkonsentrasikan semua bahasa berdasarkan
struktur fisik dan batinnya.
Untaian
kata berirama yang tepat untuk melengkapi larik puisi tersbeut adalah mengaithati.
Jawaban:
A
31. Pantun
ada sejak zaman dulu. Pantun merupakan puisi lama yang biasanya dipakai
masyarakat untuk menyampaikan sesuatu. Pantun memiliki ciri-ciri tertentu yang
terkait dengan kaidah bait, rima, dan irama. Dari isinya, pantun dibedakan dalam
beberapa macam, yakni pantun anak-anak, pantun nasihat, dan pantun muda-mudi.
Agar lebih jelas, perhatiakan ciri-ciri pantun berikut:
1) Memiliki
4 barus, yaitu 2 baris berisi sampiran dan 2 baris lagi merupakan isi,
2) Berpola
a-b-a-b,
3) Setiap
baris terdiri antara 8 sampai 9 suku kata,
4) Setiap
baris terdiri atas 4 kata.
Larik
yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah Bagaimana hati takkan rusuh.
Jawaban:
A
32. Rumusan
masalah yang berisi pertanyaan sesuai dengan tema dan latar belakang. Rumusan yang
sesuai topik tersebut adalah Mengapa
penggunaan pupuk urea menurunkan kesuburan tanah?
Jawaban: C
33. Latar
belakang masaah memuat alasan-alasan sebuah penelitian atau karya tulis dengan
tema tertentu dibuat dan dilakukan.
Kalimat
latar beakang yang sesuai dnegan topik karya tulis tersebut adalah Sayur dalam makanan anak sangat penting bagi
pertumbuhan dan kesehatan anak.
Jawaban:
B
34. Penulisan
judul karya tulis yang benar yaitu huruf pertama pada semua kata, kecuali kata
seperti di, ke, dari, dan, yang, untuk yang tidak terletak pada posisi awal
kalimat. Penulisan judul karya tulis ilmiah tersebut yang sesuai dengan EYD
adalah Pembudidayaan Tanaman Anggrek di
Lingkungan Rumah.
Jawaban: E
35. Surat lamaran pekerjaan
adalah surat yang berisi permohonan memperoleh jabatan atau kedudukan
perusahaan baik ditawarkan oleh suatu instansi atau perusahaan baik berdasarkan
iklan atau mengungkap penawaran pengetahuan, keterampilan, keahlian, atau
pengalaman sesuai bidangnya kepada instansi atau perusahaan.
Struktur
surat lamaran pekerjaan terdiri dari:
1) tanggal
surat,
2) lampiran,
3) perihal,
4) alamat
penerima surat,
5) salam
pembuka,
6) isi,
7) salam
penutup, dan
8) nama
serta tanda tangan.
Saat
menulis surat lamaran, Anda harus memperhatikan penggunaan bahasa, seperti struktur, diksi (pilihan kata), kejelasan
kalimat, kaitan antarkalimat, dan ejaan.
Perbaikan
kalimat pembuka surat lamaran tersebut adalah mengganti sangat ingin melamar menjadi mengajukan lamaran
Jawaban:
D
36. Pada
prinsipnya surat lamaran mengungkap pengetauan, keterampilan, keahlian, atau
pengalaman sesuai bidangnya kepada instansi atau perusahaan.
Saat
menulis surat lamaran, Anda harus memperhatikan penggunaan bahasa, seperti struktur, diksi (pilihan kata), kejelasaan
kalimat, kaitan antarkalimat, dan ejaan.
Kalimat
pembuka surat lamaran pekerjaan berdasarkan inisiatif sendiri yang sesuai
dnegan ilustrasi tersebut adalah Saya,
Rudi, Sarjana Teknik Bangunan tamatan Universitas Gajah Mada, memiliki
kemampuan merancang bangunan tahan gempa, mengajukan lamaran pekerjaan di
perusahaan Bapak.
Jawaban:
B
37. Istilah adalah
kata atau kelompok kata yang pemakaiannya terbatas pada bidang tertentu,
misalnya pada bidang ekonomi, bidang politik, dan sebagainya. Istilah dapat
diwakili oleh rumus atau lambang.
Perbaikan
istilah yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah kreativitas, kompetisi, stimulus.
Jawaban:
C
38. Kata
penghubung (konjungsi) adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan kata
dengan kata, klausa dengan klausa, atau kalimat dengan kalimat. Contoh; dan, tetapi, atau, dll.
Kata
penghubung untuk melengkapi paragraf tersebut adalah sehingga, dan.
Jawaban:
B
39. Frasa
adalah gabungan dua buah kata atau lebih yang tidak menimbulkan makna baru.
Ciri-ciri
frasa, yaitu:
1.dibentuk
dua kata atau lebih;
2.
tidak memiliki unsur subjek dan predikat
3.
masing-masing nsur tetap mempertahankan makna aslinya.
Macam-macam
frasa yaitu:
a. Frasa
nominal, frasa yang berasal dari kata benda yang diperluas dengan keterangan.
b. Frasa
verbal, frasa yang berasal dari kata kerja yang ditambah dengan kata keterangan
atau kata kerja.
c. Frasa
adjektiva, frasa yang berasal dari kata sifat.
d. Frasa
atrbutif, frasa yang menyatakan keterangan.
Frasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah sangat kotor, sangat kurang, amat berat.
Jawaban:
A
40. Paragraf
deskripsi adalah jenis paragraf yang menggambarkan suatu hal, baik itu benda,
peristiwa, keadaan, ataupun manusia. Dengan, paragraf ini, pembaca dapat
seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang diceritakan itu.
Kalimat
yang tepat untuk menggantikan kalimat yang bercetak
miringadalah Kecantikannya ditunjang
oleh keindahan rambutnya.
Jawaban:
D
41. Peribahasa
adalah kalimat atau perkataan yang tetap susunannya dan biasanya mengiaskan
maksud tertentu. Makna yang terkandung dalam peribahasa bukanlah makna yang
sebenarnya, melainkan makna kias/ makna konotatif.
Peribahasa
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak nampak.
Jawaban:
A
42. Ungkapan
adalah kata atau kolompok kata yang digunakan dalam makna khusus yang sudah
diterima secara konvensional oleh masyrakat pengguna bahasa Contoh: buah tangan, buah bibir, cuci mata, kepala
batu, dan lain-lain.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah naik daun.
Jawaban:
C
43. Kata
ulang (reduplikasi) adalah kata yang sudah mengalami proses pengulangan, baik
sebagian atau pun seluruhnya dengan disertai perubahan bunyi atau pun tidak.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah besar-besaran, bersiap-siap.
Jawaban:
C
44. Kata beribuhan adalah
kata yang telah mengalami pengimbuhan (afiksasi). Imbuhan atau afiks digunakan
ke dalam bentuk dasar (morfem bebas) sehingga dapat menghasilkan kata baru.
Dalam bahasa Indonesia, imbuhan terdiri atas:
1. prefiks (awalan), misalnya ber-, ter-, se-, di-,
2. infiks (sisipan), misalnya –el-, -em-, -er-,
3. sufiks (akhiran), misalnya –kan, -an, -I, -nya,
4. konfiks (awalan-akhiran) misalnya ke-an, pe-an, ber-an, se-nya.
Kata
berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah mengejutkan, kepindahannya, mengembangkan.
Jawaban:
C
45. Sudah
banyak kosakata dari bahasa asing dan daerah diambil alih, diadopsi menjadi
bahasa serapan. Kemudian kata itu dinaturalisasi menjadi kata Indonesia.
Kegunaan kata-kata serapan adalah untuk lebih memperjelas pikiran yang
terkandung di dalam kata-kata itu. Kata serapan yang tepat untuk melengkapi
peragraf tersebut adalah jadwal,
kuitansi, setruk.
Jawaban: D
46. Kata
baku adalah kata yang sesuai dengan kaidah bahasa atau EYD. Perbaikan kata
bercetak miring (tidak baku) dalam paragraf tersebut adalah menumpuk, dikhawatirkan, hanya.
Jawaban:
C
47. Paragraf
narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian. Dengan
paragraf ini, pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan. Dalam
paragraf narasi terdapat tiga unsur utama, yaitu tokoh-tokoh, kejadian dan
latar atau ruang dan waktu.
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Akan tetapi, ibu tetap manasihatiku.
Jawaban:
B
48. Paragraf
deskripsi adalah jenis karangan yang menggambarkan suatu hal, baik itu benda,
peristiwa, keadaan, ataupun manusia secara terperinci, sehingga pembaca dapat
seolah-olah menyaksikan atau merasakan hal yang diceritakan itu.
Kalimat
yang tepat untuk melanjutkan paragraf deskripsi tersebut adalah Orang yang antre belakangnya menutup hidung
dengan sapu tangan rapat-rapat, tidak dihiraukannya.
Jawaban:
A
49. Paragraf
yang baik adalah paragraf yang memiliki kepaduan antara unsur-unsurnya, baik
itu antara gagasan utama, dengan gagasan penjelasnya ataupun antara
kalimat-kalimatnya.
Paragraf
eksposisi adalah paragraf yang memaparkan atau menerangkan suatu hal atau objek
dengan sejelas-jelasnya. Paragraf eksposisi menggunakan contoh, grafik, serta
berbagai bentuk fakta dan data lainnya untuk memperjelas masalah yang
dikemukakan.
Urutan
kalimat tersbeut agar menjadi paragraf eksposisi yang padu adalah (1), (2), (4), (3), dan (5).
Jawaban:
A
50. Katabakumerupakan
kata yang pengucapannya dan penulisannya mengikuti kaidah dan aturan yang
dibakukan, seperti yang ada dalam Ejaan, Yang Disempurnakan (EYD), tata bahasa
baku, dan kamus. Sementara itu, kata
tidak bakumerupakan kata yang cara pengucapannya dan penulisannya tidak
sesuai dengan aturan yang telah dibakukan.
Kalimat
yang tepat untuk memperbaiki kalimat yang bercetak miring dalam paragraf
tersebut adalah Mereka diajak untuk
mengamati prilaku budaya masyarakat di sekitar lokasi perkemahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar